Reog Ponorogo

 

 

Setiap kita menonton pertunjukan Reog, selalu menimbulkan sentuhan magis. Tariannya yang atraktif dengan musiknya yang menggemakan semangat. Akan tetapi, tahukah anda, bahwa Reog Ponorogo pada awal penciptaannya sesungguhnya dimaksudkan sebagai  simbol perlawanan terhadap penguasa yang lupa akan tugasnya. Pada akhir kerajaan Majapahit di era pemerintahan Bhre Kertabhumi, tersebutlah seorang abdi kerajaan yang bernama Ki Ageng Kutu.

Atas ketidakpuasannya atas keadaan pemerintahan saat itu, maka Ki Ageng Kutu meninggalkan pusat pemerintahan dan mendirikan perguruan di daerah Ponorogo. Sebagai bentuk perlawanan dan ketidakpuasan terhadap Raja, maka Ki Ageng Kutu menciptakan satu bentuk seni yang disebut  Singo Barongan yang sekarang kita kenal sebagai Reog.

Bentuk Kepala Harimau dimaksudkan sebagai simbol Raja Majapahit yang diatasnya terdapat bulu-bulu Merak. Sedangkan Bulu-bulu merak yang menancap di kepala harimau ini disimbolkan sebagai sindiran pada Raja yang dalam menjalankan pemerintahannya banyak dipangaruhi oleh Sang Permaisuri. Sementara itu Reog dalam pertunjukannya dikawal sepasukan berkuda akan tetapi berpenampilan perempuan. Hal inipun sebagai sebuah sindiran bahwa pasukan Majapahit sudah tidak sekuat era sebelumnya. Sedangkan Warok adalah dimaksudkan sebagai murid-murid Ki Ageng Kutu yang kuat.

Pada jaman pemerintahan Adipati Batorokatong, nama Singo barong diubah menjadi Reog yang berasal dari kata Riyoqun yang berarti Khusnul Khotimah.

Sumber :

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Reog_(Ponorogo)

2. http://ariesaksono.wordpress.com/2007/11/30/legenda-reog-ponorogo-dan-warok/

 

2 pemikiran pada “Reog Ponorogo

    • Mas Galih, maturnuwun atas perhatian dan kritisinya. Namun sepanjang pengetahuan saya yang sering melihat penampilan Seni Reog, pasukan berkuda tersebut sejatinya mereka pria tapi berpenampilan perempuan. Maturnuwun …….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s