Dunia Maritim Kita

Saat itu, kami sedang ingin mencoba kembali naik Feri ke Madura. Disaat kami menyeberang terekamlah gambar diatas. Lama saya merenunginya,  membayangkan kembali pelayaran Nusantara di masa lampau.

Indonesia adalah Negara maritim.  Robert Dick-Read, peneliti dari London University, membuka mata dunia akan “kehebatan” pelaut-pelaut sejati nusantara yang telah menguasai laut dan tampil sebagai penjelajah samudra sejak dari 1500 tahun lampau. Jauh sebelum Cheng Ho dan Colombus membuat sejarah pelayaran mereka yang fenomenal, para penjelajah laut nusantara bisa dikatakan sudah melintasi sepertiga bola dunia. Juga jauh sebelum kedatangan orang-orang Eropa di perairan Nusantara pada paruh pertama abad XVI.

Akan tetapi, kehebatan masa lampau itu nampaknya tidak sejalan dengan perkembangan dunia maritim saat ini. Kalau kita menyimak berita, banyak kecelakaan laut masih terjadi. Padahal 75% wilayah Indonesia adalah laut. Mustinya, dunia maritim menjadi focus utama kita saat ini selain pertanian dan pendidikan.

ke-tiga hal diatas, adalah kehebatan kita di masa lampau. Seyogyanya kalau sekarang lebih difokuskan agar Indonesia menjadi pusat maritim dunia.

Allah lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan izin-NYA, dan supaya kamu dapat mencari sebagian karunia-NYA dan mudah-mudahan kamu dapat bersyukur.”(Q.S Aj Jasiyah: 12)

Kalau kita menyimak buku-buku sejarah, rasanya kita tidak menemukan gambaran nyata  kehebatan maritim kita di masa lampau. Padahal dari situlah sebenarnya awal dari pembentukan karakter kemaritiman Indonesia dibangun, sebagai bentuk rasa syukur kita pada Tuhan atas karunia yang luar biasa ini.

Bagaimana menurut anda.

* Danu Har T.U

sumber :

http://hankam.kompasiana.com/2011/06/23/indonesia-sebagai-negara-maritim/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s