Flamboyan Cemerlang di Musim Hujan

Flamboyan yang nama latinnya Delonix Regia, itulah bunga yang mekarnya sekali dalam setahun. Bunga ini (Royal Poinciana) menyambut awal musim hujan dengan mekarnya yang semarak dan warnanya yang cemerlang. Menatap bunga ini mengingatkan saya pada masa kecil dulu.

Di kota asal saya dulu, bila ramadhan jatuh di musim hujan, setiap habis shalat subuh di Masjid Jamik, kakak perempuan saya dan beberapa teman jalan-jalan menyusuri jalan desa dan pematang. Waktu itu, setiap ramadhan, sekolah libur sebulan penuh, sehingga kami kenyang dengan bermain dan bercanda. Disepanjang jalan di tepian pematang itulah banyak tumbuh pohon bunga Flamboyan. Bunga yang lagi bermekaran memenuhi pohon-pohon Flamboyan di sepanjang jalan membuat sensasi pemandangan tersendiri. Tak bosan-bosannya kami menyusuri jalan itu hampir setiap pagi. Mekarnya Bunga Flamboyan di sepanjang jalan ditimpali matahari yang baru naik dari peraduan, ……… wow.

Terdapat banyak julukan yang diberikan orang sebagai bentuk kecintaan dan kekaguman terhadap bunga yang bernama Latin Delonix regia itu. Orang Indonesia menyebutnya flamboyan, yang diadaptasi dari kata flamboyant (bahasa Prancis) yang bermakna “cemerlang”. Kalangan ilmiah menyebutnya Royal Poinciana. Orang India menyebutnya dengan gulmohar. Julukan lainnya adalah “flame of the forest”, “flame tree”, atau bersama-sama dengan mawar dijuluki juga sebagai “queen of the flame”.

sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Delonix_regia

 

4 pemikiran pada “Flamboyan Cemerlang di Musim Hujan

    • Nadin, trimakasih telah mampir di blog kami. Flamboyan yang kami ceritakan sbg masa kecil saya di kota Magetan di kaki timur gunung Lawu. Sementara flamboyan yang kami ambil gambarnya ini banyak ditemukan di halaman Masjid Al Akbar Surabaya. Jelajahilah posting demi posting di Blog ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s