Gusti Ridder

Ridder adalah kosakata dari bahasa Belanda yang artinya Ksatria. Gusti Ridder adalah penguasa kadipaten Magetan pada era penjajahan Belanda, tepatnya di tahun 1887-1912. Nama asli beliau adalah Raden Mas Arjo Kerto Hadinegoro, putra dari penguasa Magetan sebelumnya, Raden Mas Arjo Hadipati Surohadiningrat.

Dijuluki Gusti Ridder, mungkin karena keperwiraannya. Konon beliau seorang yang sakti mondroguno, apa yang diucapkannya hampir pasti terjadi. Dan kesaktiannya hampir menjadi seperti legenda. Bahkan benda-benda tertentu milik beliau pun seperti memiliki kharisma.

Contohnya saat saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Waktu itu sekolah saya memiliki program seni budaya Karawitan.  Setiap latihan kami menggunakan alat gamelan yang berada di rumah Gusti Ridder. Setiap anak dan Guru kami pun tidak ada yang berani menggunakan gamelan secara sembarangan. Apalagi melangkah melewati atas gamelan, wah itu pantangan besar. Padahal Gusti Ridder sudah lama wafat.

Beliau adalah satu-satunya  penguasa Magetan yang begitu populer dari jaman ke jaman. Setiap orang di Magetan mengenal siapa itu Gusti Ridder, dan masyarakat awam seperti saya menyebutnya Gusti Lider. Tapi Tidak banyak orang yang tahu dengan pasti nama beliau yang sebenarnya.

Gusti Ridder memilki cucu putri yang kemudian menikah dengan Raden Mas Tumenggung Soerjo. RMT Soerjo menjadi Adipati Magetan tahun 1938, dan kemudian menjadi Gubernur pertama Jawa Timur di tahun1945. Yang patung beliau berdiri tegak di Taman Apsari, seberang Gedung Grahadi Surabaya.

Gusti Ridder juga  memiliki cucu R. Moestadjab Soemowidagdo yang kemudian menjadi Walikota Surabaya di tahun 1952-1956. Dan namanya pun diabadikan menjadi nama jalan Walikota Moestadjab.

Rumah Gusti Ridder, tempat  saya latihan gamelan sewaktu kecil, masih berdiri tegak hingga sekarang. Semoga  Allah swt merahmati beliau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s